Cara mengatasi semut rangrang bersayap terbang

Bagaimana cara mengatasi semut rangrang bersayap terbang, sebut saja calon ratu. Melihat dari sebagian teman kita ada yang mengalami kejadian seperti semut rangrang bersayap pada terbang. Mereka mungkin tidak tahu sendiri apakah semutnya bisa terbang. Dari cerita atau komentar yang katanya pada saat menangkar ternak kroto semut yang ada sayapnya saat itu masih ada tetapi pada hari berikutnya sudah hilang semua.

Cara Mengatasi Semut Rangrang Terbang

Ada beberapa kemungkinan, pertama yaitu pengawasan ternak kroto kita tidak selalu kita pantau setiap hari, mungkin karena sibuk. Juga pada saat malam hari (wayahe bose turu). Pada malam hari inilah yang bisa menyebabkan kerawanan pada semut. Ancaman dari binatang lain, terutama adalah cicak. Tahu sendiri bahwa predator ini suka jenis serangga. Kemungkinan bisa terjadi adalah dimakan cicak. Berdasarkan pengalaman belum pernah melihat sendiri semut di makan cicak kecuali ulat hongkong yang saya lihat langsung dimakan. Kemudian kemungkinan yang kedua adalah jatuh dari rak, kemudian dimakan oleh semut liar yang ada di bawahnya dan dibawa lari.

Tetapi di sini mas bro hanya fokus supaya semut rangrang bersayap tidak terbang. Selama ini memang belum pernah mengalami kejadian seperti itu. Dari pengalaman saya bahwa semut rangrang bersayap dipenangkaran (calon ratu dan semut rangrang jantan) belum pernah ada yang terbang. Jika memang bisa terbang saya akan coba memberikan tip atau cara bagaimana supaya tidak terbang.

Sebenarnya sangat mudah dan simple sekali mengatasi semut rangrang bersayap supaya tidak terbang. Anda tidak perlu harus menutup rapat lubang toples berharap supaya tidak bisa keluar dari tempat toples. Biarkan saja lubang yang ada, karena untuk sirkulasi udara di dalam toples.

Terus bagaimana cara mengatasinya? Hanya cukup dengan cara memotong sebagian dari sayap nya atau separuh sayap nya, tapi jangan sampai bersentuhan dengan kulit tangan pakailah sarung tangan. Kemungkinan untuk terbang  atau kabur sudah tidak bisa lagi. Tapi cara tersebut tidak dianjurkan karena calon ratu semut rangrang tidak semuanya akan terbang atau sobat bisa menggunakan cara lubang toples diperkecil,  hanya semut prajurit dan pekerja yang bisa keluar.

Semoga setelah mengetahui cara supaya semut rangrang yang bersayap agar tidak bisa terbang lagi. Sahabat semua akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk ternak kroto. Itulah sedikit tips yang bisa saya sampaikan.

Jangan lupa setelah membaca dan memahami isi dari artikel ini, tekan tombol suka sekalian cendole. Matur nuwun.

Baca jugaApakah semut rangrang jantan bisa terbang ?

3 comments:

  1. salam semut..
    mas bro klo semut bersayap itu khan semut jantan yg hidupnya singkat bgt.Kemungkinan juga itu srangga simbion yg bisa menjadi hama petani.

    ReplyDelete
  2. agan masbro..bila calon ratu di pisahkan tersendiri dari koloni bisa apa tdk,apkh memungkinkan calon ratu itu mencari sumber makanan sendiri walopun kita sudah sediakan?
    ane pernah mencampur beberapa calon ratu berbeda koloni,alhasil malh pada smekdon nd paginya pada K`O,,niat ane ingin nyoba ternak dari calon ratu hingga menjadi ratu nah ketika udah jadi ratu baru ta gabungin ke sembarang koloni,,secara kalo calon ratu,ane sering ngambilin di penjual kroto scr gratis dr pd dibuang,,hehe,,mgkn dari agan mas bro ada info menarik tentang hal tsb,ane tggu petuahnya lagi,,trmksh gan

    ReplyDelete
  3. Semut ku berubah 90% jd hitam bersayap ,,,,
    Aduh repot nya pusing ngatasinnya..

    ReplyDelete