Supaya Ratu Tidak Habis

Cara supaya ratu semut rangrang tidak habis dan mudah di lihat perkembangannya. Ratu sangat penting fungsinya dalam ternak kroto. Untuk pemula di sarankan mencari informasi sebanyak mungkin, mengapa? karena jangan sampai melangkah terlalu jauh sebelum tahu tentang budidaya kroto. Sehingga pengeluaran dana kita tidak membengkak dan sia-sia. Hal ini sangat penting sekali bagi yang belum pernah mencoba.

Memulai tidak harus mempunyai uang banyak, karena semut rangrang di alam masih disediakan dengan gratis. Kita tidak harus beli, kalau ada kemauan dan usaha untuk mencari pasti akan dapat. Bagi yang berminat, saatnya sekarang tahu siapa yang menghasilkan kroto paling banyak, jawabanya adalah ada pada ratu. Ratu semut rangrang memang sangat mutlak dan wajib bila untuk ternak kroto jangka panjang.

Ratu


Bagaimana kalau punya ratu banyak ?

Cara agar ratu semut rangrang dalam jumlah banyak habis, sebaiknya jangan dicampur. Buatlah satu rak untuk menampung satu sampai dua toples saja. Mengapa cuma sedikit sekali mas bro? Betul, karena dengan model tersebut kita bisa pantau keberadaan ratu. Bener opo salah bro. Sebab dengan mencampur ratu di rak dalam jumlah banyak kita tidak tahu posisinya, toples mana yang mengasilkan kroto, kecuali sudah punya jam terbang tinggi jadi sudah tahu. Daripada main tebak tebakan, mulai sekarang tidak perlu di ragukan lagi bahwa ratu semut rangrang adalah penghasil telur terbanyak.

Berdasarkan pengalaman ratu ternyata berkurang drastis ketika sarang dibongkar. Beberapa ada yang masih hidup, tetapi lebih baik kalau hidup semua. Mengingat betapa sulitnya mendapatkan ratu semut rangrang di alam. Kita harus berpikir untuk jangka panjangnya bukan jangka pendek. Siapa yang tidak senang bisa menghasilkan kroto sampai bertahun tahun.

Masalah tentang punya banyak calon ratu

Lagi-lagi kita berhayal sedikit supaya calon ratu bisa jadi ratu. Ternyata calon ratu semut rangrang dalam jumlah puluhan sampai ratusan akan habis sedikit demi sedikit, hanya membuang waktu saja jika ingin menjadikan ratu. Pasti sahabat sudah mengalaminya. ngenes...

Itulah informasi tentang supaya ratu tidak habis dan mudah di pantau perkembanganya. Matur nuwun.

Baca juga : Ternak kroto toples menghasilkan telur ratu

9 comments:

  1. semutku tak kaburke, bar badha iki ngingu maning .. haha

    ReplyDelete
  2. Sy pemula budidaya semut rangrang utk ksh minum klu sdh lengket ganti apa gmn.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memperbayak keloni semut rangrang sy kemaren menabahkan dr alam kejadianya sangat menyesakan semut perang tak terkendali gk bisa dipisah yg akhirnya sy strees soalnya hbs yg ada ditoples juga mas bro makasih ini pengalaman pemula mas bro semutnya juga br py 1toples

      Delete
    2. Terimakasih pak atas pengalamannya, semoga kejadian ini tidak terulang lagi.

      Delete
  3. Udah hampir semua sy baca postingan mas bro.sy pemula di ternak rangrang.tinggal prakteknya ja.mksh

    ReplyDelete