Jamur Di Rak Semut


Jamur di rak semut. Di dalam ternak kroto selalu menghadapi kendala pada rak semut. Apakah itu masalah berat atau ringan, pasti di antara kita pernah mengalami. Dari masalah paling klasik yaitu mulai dari semut berjatuhan, semut tidak mau makan, semut tidak mau bertelur, semut tidak mau bersarang, semut mati semua, sampai hal-hal teknis lainnya.

Saat ini sangat mudah untuk mencari solusinya, banyak sekali yang mau untuk diajak berbagi bersama. Contohnya flodesta selalu welcome. Semua tergantung kita sendiri, apakah mau berusaha dan belajar untuk memperbaikinya.

Jamur di rak semutMari sama-sama berbagi pengalaman, barang kali pernah mengalami masalah yang sama. Seperti jamur  di rak semut, apakah sobat juga pernah mengalaminya? Jika pernah mengalami berarti kita sama.

Saat ini lagi musim hujan, ternyata dengan adanya curah hujan terus menerus menyebabkan kondisi ruangan menjadi lembab, tadinya kering sekarang ditumbuhi jamur. Apalagi tidak adanya udara dan cahaya pada ruangan tersebut.

Penyebab jamur di rak semut rangrang memang sangat bermacam macam, mulai dari menyemprotan air terlalu berlebihan, tumpahan air minum secara terus menerus, serta faktor alam yaitu hujan.

Penyemprotan air mungkin pernah anda lakukan sebab pada saat itu kondisi ruangan sangat panas, tetapi kalau berlebihan rak jadi basah apalagi sampai mengenai dalam toples tentu akan bisa menyebabkan terjadinya pembusukan.

Tumpahan air minum secara terus menerus juga bisa menyebabkan tejadinya alas pada tingkatan rak jadi basah dan timbul jamur, walaupun hanya sebatas bercak bercak. Saat ini hujan lagi musimnya rak semut jadi lembab dan semuanya jadi bau kurang enak.

Beberapa bercak pada kayu atau bambu yang paling sering terjadi adalah kayu, berwarna hitam dan putih. Paling berbahaya adalah sejenis serbuk berwarna abu abu. Ternyata dengan adanya jamur itu semut rangrang kurang nyaman disebabkan terkepung oleh jamur tersebut, bahkan mau lewat saja tidak bisa, bahkan semut ingin berusaha kabur dari rak. Tentu kejadian tersebut sangat mengganggu interaksi serta komunikasi antar semut rangrang.

Bagaimana solusinya ?

Usahakan dalam ruangan selalu mendapatkan udara serta terkena sinar matahari (tidak secara langsung) dan toples jangan kena cahaya langsung. Bahkan di alam saja sarang semut rangrang terkena sinar matahari secara langsung tetapi dalamnya gelap.

Itulah peristiwa paling buruk untuk saat ini yang pernah Mas bro alami, akhirnya semut rangrang di rak yang ditumbuhi jamur tersebut saya pindah bersatu ruangan dengan rak semut lain yang kondisinya lebih baik. Semoga informasi tentang jamur di rak semut bisa memberikan pencerahan untuk sobat semua.

Ayo ikuti saja seperti kondisi di alam saja, simple ora usah digawe susah. Ada panas, udara, ada malam ada siang. jo kelalen cendole.... Matur nuwun

Baca juga : Rak toples semut rangrang

2 comments:

  1. Mas kalau jamur nya kaya serbuk dari bambu nya , itu gak apa2 mas .?

    ReplyDelete