Ternak Kroto Menggunakan Botol Bekas

Ternak kroto

Ternak kroto selain menggunakan toples kita bisa menggunakan botol bekas. Sekarang saatnya sobat mengurangi biaya pengeluaran. Banyak sekali bahan yang mudah diperoleh di sekitar kita. Kalau memang gratis dan menguntungkan kenapa tidak dimanfaatkan.

Botol air mineral merupakan alternatif untuk menggantikan toples yang terkadang susah kita dapatkan. Karena ada beberapa teman merasa kesulitan mendapatkan toples sosis, maka saya berikan solusi menggunakan botol bekas minuman.

Botol yang digunakan harus masih fresh, artinya belum pernah dipakai untuk tempat lain,  contohnya untuk menyimpan minyak, bensin atau cairan bahan kimia. Saya sarankan botol tersebut jangan di pakai demi kehidupan semut.

Ternak kroto menggunakan botol bekas juga tidak kalah bagus, bahkan menurut mas bro botol air mineral ukuran 600 ml memang sangat praktis, karena diameternya tidak terlalu lebar, sempit, pas di tangan membuat semut rangrang cepat bersarang. Karena jika diternak, semut rangrang lebih menyukai tempat yang kecil, nylempit tur peteng. Hahaha..

Apakah perlu tambahan lubang lagi untuk botolnya? Silahkan mau diberi boleh tidak juga tidak apa, yangvpentu penting tutup harus terbuka. Bisa ditambahkan  lubang kecil sebesar jarum.

Untuk mengatasi semut rangrang lama masuknya, bisa di pancing dengan air gula lalu diteteskan pada mulut botol menggunakan pipet, agar semut tertarik untuk masuk ke botol. Lihat caranya pada gambar.

 Ternak kroto menggunakan botol

Pada saat panen kroto juga lebih mudah dibanding toples. Mudah piye Mas bro? sik to... wong nulise durung sampai bar kok wes diputus,,,sabar bro.

Lanjut...Kalau ingin panen kroto botol dengan mudah, selalu tempatkan botol dalam keadaan tidur jangan berdiri. mengapa? posisi jaring tentu berbeda dengan berdiri karena dengan kondisi tidur, jaring tidak padat melingkar seperti pada posisi berdiri artinya masih ada ruang kosong di dalamnya, pastinya sangat mudah untuk mengambil krotonya.

Contohnya pada toples, jaring sangat rapat dari atas sampai bawah membuat panen kroto mengalami kesulitan karena terhalang jaring bertingkat. Maka kita harus merusak atau merobek supaya kroto keluar lebih mudah tanpa hambatan.

Cara panen kroto di botol

Panen kroto botol caranya hanya menggerakan botol ke kanan dan ke kiri (lubang di atas) untuk mengumpulkan kroto. Lalu tumpahkan ke dalam toples kosong sebagai penampungan terakhir. Setelah itu kita filter lagi untuk menghasilkan kroto super. Di dalam proses panen kroto toples dan botol sebisa mungkin tidak membuat semut rangrang banyak yang mati

Sekali lagi tidak wajib menggunakan botol bekas kalau memang toples, bambu, pipa paralon bisa membuat perkembangan kroto jadi baik, mengapa tidak digunakan. Semoga info tentang ternak kroto menggunakan botol bekas bisa bermanfaat. Jangan lupa cendole.... Matur nuwun

5 comments:

  1. Kalo pake botol kasih makan dan minum nya gmn mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara memberikan makanan dan minuman sama seperti di toples mas.

      Delete
  2. berapa lama kita memanen kroto dalam botol aqua (berapa bulan)
    makasih sebelum nya

    ReplyDelete
  3. Ane baru mau coba, jgn bosan menjawab ya, Mas Bro?

    ReplyDelete