Cara Melihat Ratu Di Dalam Toples

Cara melihat ratu di dalam toples

Cara melihat ratu semut rangrang di dalam toples. Ternyata banyak yang belum tahu cara melihat ratu di dalam toples. Sahabat flodesta yang sudah menjalani ternak kroto tentu mengetahui bahwa struktur semut rangrang adalah adanya ratu semut rangrang di dalam koloni. Rasa penasaran tinggi ingin tahu dimana ratu semut rangrang berada. Tapi apalah daya melihat saja belum pernah apalagi bentuknya.

Sebenarnya sangat mudah sekali, saya sendiri dulu juga belum tahu. Karena sering melihat perilaku semut rangrang,  lama-lama jadi tahu seperti apa ratu semut rangrang. Sampai waktu itu harus membongkar sarang kroto di toples gara-gara penasaran. Dari pengalaman melihat sendiri di dalam toples sampai di luar toples pokoke mblenger ndeloke.

Mulai sekarang tidak perlu membongkar sarang, cukup dilihat dari luar toples. Bagi anda kalau di dalam toples memang benar sudah ada ratunya,  pasti mudah di lihat.

Caranya melihat ratu di dalam toples :
  • Pertama. Lihat sarang semut di toples dengan cara kita terangi pakai senter paling atas, jika kondisi ruangan kurang begitu terang. Kita bisa lihat langsung, kalau di situ terdapat sekelompok semut rangrang yang padat dan didekatnya terdapat telur yang banyak maka dipastikan di situ letak ratunya, biasanya ada dipinggir toples. Lanjut, silahkan arahkan cahaya ke pinggir dinding toples untuk memastikanya. Tetapi ratu tidak bisa kita lihat secara utuh karena dilindugi semut yang menutupi badan ratu, setidaknya kita bisa melihat kepalanya atau perutnya. Seperti gambar di atas bisa di lihat betul, di sana kelihatan sekali punggung dan perut ratu semut rangrang, serta jumlah telur didekatnya.
Silahkan dicoba dan dipraktekan apa yang sudah Mas bro sampaikan di atas. Jadi sekarang tidak perlu repot lagi melihat ratu semut rangrang di dalam toples. Semoga bisa bermanfaat.
Ojo lali cendole. Matur nuwun

1 comment:

  1. Mas bro sy sudah ternak 8 bulan sampai skrg blm pernah panen karena caltu banyak ga ada kroto nya

    ReplyDelete