Siapa Yang Membuat Jaring Di Toples

jaring sarang semut toples

Salam kroto. Siapa yang membuat jaring di toples semut rangrang. Sahabat flodesta yang baik hatinya. Semoga hari ini awal indah buat semua. Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan lagi tentang ternak kroto. Masih banyak dari kita belum tahu siapa yang membuat jaring putih di toples. Seperti jaring atau lamat di daun atau media lain contohnya bambu, botol plastik, pralon. Mengapa begitu penting fungsinya jaring ini untuk semut.

Inilah gambar penampakan semut yang membuat jaring baru di toples. Gambar ini saya ambil ketika baru membuat jaring.

Semut rangrang tidak bisa membuat jaring secara langsung ketika dapat dari alam, koloni semut akan merasa stres saat berada dimedia yang baru. Mereka akan berjatuhan, berhamburan kemana mana karena belum terbiasa dengan tempat barunya bisa dikatakan adaptasi dulu lah.

Sarang atau koloni yang kita dapat dari alam bisa membutuhkan berhari hari untuk menyesuaikan tempat barunya. Disamping itu ruangan dan makanan harus menyesuaikan lagi. Jadi jangan menyerah bagi sobat yang sudah mencoba.

jaring sarang semut

Jaring di toples sangat wajib bagi semut rangrang. Dimana jaring tersebut selain untuk sembunyi, menyimpan telur telur yang dihasilkan juga tempat untuk bertelur. Misalkan saja kita gunakan media toples , disitu bisa dilihat bahwa telur yang sudah jadi kroto pasti akan ditempatkan pada jaring. Kecuali kalau masih jadi telur atau larva pasti masih menempel di dinding toples.

Tidak menutup kemungkinan kroto bisa tertumpuk di dinding karena terlalu banyaknya kroto yang dihasilkan. Tanpa adanya jaring, semut beserta krotonya pasti menempel di dinding toples semua. Biasanya ciri ciri tersebut terdapat pada sarang semut dari alam yang baru dipindah kedalam toples.

jaring sarang semu

Syarat dari terbentuknya jaring adalah adanya larva dalam koloni tersebut. Lihat gambar paling atas disitu larva digunakan semut untuk membuat jaring. Tanpa adanya larva tidak akan terbentuk jaring semut pada sarang di toples.

Dari sobat flodesta mungkin pernah mencoba menangkar semut tetapi hanya semut dan kroto saja yang dicoba. Dipastikan sarang semut di toples tidak akan membuat jaring (sudah terbukti). Maka untuk mencoba supaya semut cepat membuat jaring jangan semutnyayang dipindah tetapi lengkap dengan koloninya, tanpa ratu tidak masalah. 

Begitulah pengalaman yang bisa saya bagi tentang siapa yang membuat jaring di toples semut rangrang. Semoga bermanfaat, ojo lali karo cendole sob ben tambah seger. Matur nuwun banget nggih...

2 comments:

  1. Boss mau tanya...kalao tidak ada larva bagaimana?apakah kita buang trs kita cari semut lain katanya kalao di campur bisa perang,soalnya kemaren saya ngambil dari pohon sama sekali gak ada larvanya.suwuuuun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada larva setidaknya ada telurnya yang nantinya akan berproses jadi larva untuk membuat sarang, tunggu ae,. Beda koloni memang perang tapi tidak semuanya mati.

      Delete