Solusi terbaik menyatukan semut rangrang

Menyatukan semut rangrang beda koloni. Dulu hingga sekarang kroto memang makanan favorit burung kicau. Apalagi harga kroto sangat menggiurkan, màkin lama harganya mahal, bener opo orak. Suwe-suwe terus dadi piro ne munggah terus.

Solusi terbaik menyatukan semut rangrang

Banyak sekali yang ingin mencoba keberuntungan dari jualan kroto. Sekarang juga banyak penyedia bibit semut rangrang yang mudah dipesan untuk dikembangkan di rumah. Pemesanan bibit semut rangrang memang sangat mempermudah pekerjaan, daripada harus repot mencari dan menyatukan semut rangrang sendiri. Capek deh...

Mas bro tidak memaksa, apakah mau beli bibit semut rangrang atau mencari sendiri di alam. Misalkan kalau poro sedulur ingin mencari semut dan kroto di alam juga sah-sah saja, ora ono seng nglarang. Kemudian untuk praktek panduan bisa membuka dan belajar di ternak kroto.

Mencari sarang semut rangrang memang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak kendala mulai dari waktu , biaya juga tenaga. Harus muter muter alias blusukan ke satu pohon ke pohon lain, itupun belum jaminan dapat sarang semut sesuai keinginan.

Kembali maning ke laptop. Bicara tentang menyatukan semut rangrang dari alam yang berberda koloni memang tidak mudah, banyak sekali kendala yang harus diterima. Paling sering kita alami adalah pada saat menyatukan semut rangrang baru ke dalam koloni lama.

Realita yang terjadi sebagian banyak yang mati. Apakah mati semua atau hanya sebagian. Tentu peristiwa tersebut sangat menyakitkan apalagi semut yang kita ternak hasil jerih payah yang cukup lama dalam penangkaran. Kalau sampai habis tentu sia-sia saja pengorbanaan kita selama ini.

Dulu saya juga pernah membahas tentang menyatukan semut rangrang beda koloni. Bagi sahabat flodesta yang sudah lama membaca semua postingan di dalam blog ini pasti sudah tahu. Tetapi cara yang saya gunakan belum tentu hasilnya sama. Kalau teknik yang sudah saya bagikan tidak berhasil,  berarti apa yang salah ya? mungkin kurang doa kali ya...

Mulai sekarang kalau ingin menambah koloni baru jangan disatukan daripada beresiko , apakah mati semua atau hanya sebagian. Entar nyesel loh..tapi beda jika sobat mau menerima resiko yang akan terjadi. Apapun yang terjadi nanti sobat harus terima dengan legowo. Apabila tetap nekat ingin melanjutkan menyatukan semut rangrang berbeda koloni. Resiko ditanggung dewe.

Bagaimana solusi terbaik menyatukan semut rangrang beda koloni ? Seumpama kita dapat sarang alam atau koloni semut rangrang baru sebaiknya dibuatkan tempat sendiri saja. jiah..makan tempat dong ? Yow gak popo daripada semutmu do mati kabeh , gelem po.

Setiap kita dapat sarang semut rangrang baru tentu harus disediakan tempat baru pula. Tempat baru bisa dibuatkan meja kecil yang bisa menampung satu sarang saja, bisa juga satu rak kroto di atasnya diberi nampan atau tempayan, sesuaikan dengan koloni semut rangrang yang kita dapat. Cara ini lebih aman untuk menghindari pertempuran antara semut rangrang berbeda koloni.

Kesimpulan akhir kalau masih ragu ragu menyatukan semut rangrang beda koloni jangan diteruskan daripada nyesel mburine, tapi selama ini tidak ada masalah berarti.

Demikianlah solusi terbaik menyatukan semut rangrang berbeda koloni. Semoga bisa menjadi inspirasi sobat semua. Jangan lupa ye...cendole. Matur nuwun

8 comments:

  1. bagi" pngalaman yah, aqw pux 3 kloni semut rang", pi skrg 3 kloni dh jd 1, tanpa ad pertarungan n tnpa ad kematian!
    asalx aqw pakek meja 3 tingkat, tiap tinkat aqw sekat pakek handuk yg tk basahin pakek oli, trs wktu olix dh kering semut" pada nyebrang, pi alhamdulillah gk smpek brtarung ato smacemx!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suwun mas mau berbagi tentang menyatukan semut rangrang. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

      Delete
    2. masih mau mencoba cara gini, pokoke intinya pengenalan antar koloni, semakin lama kenal semakin akur, but nanti untuk kroto atau Rangrang muda pada dibatai * saling dibantai antar koloni yg digabung ngak ya.setelah beberapa keturunan. suwun banget...

      Delete
    3. Muhammad Anahum@ kalau semut sudah menyatu keturunan gak akan di bantai.

      Delete
  2. Kroto yang ratunya pindah bagaimana mas bro

    ReplyDelete
  3. Ya biarkan saja, yang penting ratunya menghasilkan telur terus.

    ReplyDelete
  4. Semut calon ratu punyaku awalnya ratusan.dalam waktu 2 bulan habis GA sisa.pada Mati bersama semut2 dewasa yg lain.solusinya gimana ya.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Calon ratu sedikit demi sedikit akan habis.

      Delete