Dampak adanya kroto besar dan calon ratu

Dampak apa saja yang ditimbulkan akibat banyaknya kroto besar dan calon ratu semut rangrang pada ternak kroto? Apakah bisa mengganggu perkembangan semut ?

Perjalanan yang sangat panjang bagi flodesta untuk mengikuti perkembangan semut rangrang yang kita ternak, kadang kita merasakan jenuh sendiri. Merasa bosan adalah hal wajar, semua pekerjaan pasti mengalami titik jenuh.

Bagi saya sendiri akan berusaha maksimal memberikan yang terbaik berdasarkan realita di lapangan. Walaupun ada sebagian dari anda sudah tidak ada semangat lagi, tetapi saya masih mempunyai semangat tinggi untuk berbagi kepada sahabat semua.

Dampak adanya kroto besar dan calon ratu semut rangrang

Ternak kroto di rumah memang unik. Dari beberapa sahabat pasti pernah mengalami kejadian terutama banyak telur ratu, larva ratu, pupa ratu dan calon ratu semut rangrang.

Apakah dengan adanya peristiwa tersebut akan membuat perkembangan semut rangrang menjadi lebih baik.

Mari kita bersama-sama berbagi untuk kelangsungan ternak kroto, supaya kita tahu caranya yang efektif, efesien dan bisa berkembang lebih baik. Untuk pemula bisa belajar di sini sambil buka laptop, kongko, minum kopi atau teh di tambah cemilan, kumpul bareng di rumah diskusi bersama. Mantab euy...

Ngemeng-ngemeng banyak juga loh yang mengalami seperti di atas. Bahwa banyak larva ratu, pupa ratu, calon ratu sangat mengganggu perkembangan ternak kroto.

Dampak adanya kroto besar dan calon ratu semut rangrang :
  1. Sarang atau jaring jadi rusak setelah banyak jadi calon ratu
  2. Semut akan fokus membesarkan kroto besar (pupa ratu semut rangrang) dan calon ratu semut rangrang walaupun nantinya tidak jadi semua
  3. Pertumbuhan telur yang akan jadi kroto tidak berkembang maksimal atau lama besarnya.
  4. Semut rangrang berkurang karena lambatnya generasi baru
  5. Toples kroto banyak yang kosong
Setelah semua telur ratu jadi calon ratu semut rangrang tentu sarang di toples akan didominasi calon ratu besar-besar. Hal itulah yang sangat mengganggu pertumbuhan semut rangrang dan hasil kroto. Sarang di toples jadi sedikit telurnya.

Telur ratu kroto memang sulit kita hindari. Karena kalau masih berbentuk telur sulit kita bedakan, baru setelah jadi larva atau pupa ratu semut rangrang jadi kelihatan. Apalagi kalau sampai seluruh toples dipenuhi calon ratu pasti krotonya sedikit.

Banyak calon ratu juga tidak menjamin jadi ratu semua. Hayoo, siapa yang sudah mencoba menjadikàn calon ratu jadi ratu semut rangrang, pasti jadinya lama kan! bahkan sesama koloni juga bisa mati.

Dampak paling nyata adalah berkurangnya hasil panen kroto, walaupun sebenarnya kroto besar atau pupa ratu masih bisa dijual tetapi sebagian kurang diminati. Mungkin lebih disukai para pemancing ikan.

Bagaimana sob, apakah punya pengalaman seperti mas bro? Kalau berkenan bisa share sama-sama di sini. Ojo lali cendole. Matur nuwun

9 comments:

  1. mas brow, bagaimana cara memperbanyak koloni tanpa ratu semut ???

    ReplyDelete
  2. baru belajar ternak, bbikin 1 buah dari botol aqua tapi tidak pakai ratu. apa bisa berkemban maksimal???. dan bagaimana caranya supaya kooni semut rangrang cepat banyak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan pakai ratu semut rangrang kalau cuma satu botol. satu koloni....sabar wae lah.

      Delete
  3. masbrow..klu pertama kita cuma punya satu koloni hasil dr tangkapan liar dan kita taru dibotol pd rak, itu tidak kita panen supaya jd banyak bisa ga,trus gimana caranya buat koloni barunya apa sekedar kita kasih toples baru az dirak itu atau ada cara lain?satu koloni itu satu ratu ya..!klu ada banyak botol dalam rak itu berarti banyak koloni dalam satu rak, apa tidak berantem ntar mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bro , walaupun di rak ada 1.000 botol itu hitungannya 1 koloni.
      Beda lagi kalo misah rak jadi besa koloni

      Delete
  4. Halo mas bro. Haduh gimana yah saya baru ternak 5 bulan dan sudah ada 5 toples ukuran besar, awalnya dari 1 ratu sekarang sudah ratusan di setiap toples. tapi banyak juga ratu semut yg bertelur, jumlah telur kroto sedikit jadinya. terlalu banyak telur yang bakal jadi ratu lagi

    ReplyDelete
  5. maaf izin komen... ane jg msh baru bikin ternak kroto pake botol bekas... awalnya 10 botol indukan dn skrg stlh 3 bln dah jd 37 botol... mnrt sy munculnya telor calon ratu tu krn siklus cuaca yg lg panas... otomatis secara naluri perkrotoan mmpersiapkn calon ratu utk nanti saat musim penghujan dimana akan trsedia byk makanan dn lahan brkmbang biak yg bgs... mgkn itu pengamatan sy... hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbah Blankon. Semoga apa yang menjadi pengalaman mbah bisa menjadi tambahan referensi untuk kita semua.

      Delete
  6. salam kenal mas bro.. ane kan lg nyoba mempraktekan ilmu tentang membudidayakan semut rangrang pake toples, kurang lebih sudah 5 bulan ini. tapi 2 bulan belakangan ini jumlah calon ratu semut & semut pejantan ane malah byk banget sedangkan jumlah kroto yg dihasilkan sedikit sekali, so mohon sarannya dong bagaimana caranya agar jumlah kroto yg dhasilkan bisa banyak lagi?

    ReplyDelete