Musim Ratu Semut Rangrang

ratu semut rangrang

Salam kroto. Hari ini Mas bro akan menulis  tentang kapan musim ratu semut rangrang terjadi, bukan musim liburan atau wisata. Bagi anda yang pusing mencari ratu semut rangrang yang gak kunjung dapat tentu akan menjadi masalah bagi sobat yang ingin ternak krotonya ada ratu. Padahal tidak semua sarang selalu ada ratunya, betul gak. Bahkan setiap berburu kroto dan semut selalu blank tidak ada hasil.

Ratu semut rangrang memang sulit kita temukan karena pada setiap sarang belum tentu ada ratunya walaupun sudah kita ambil semua Apakah itu menjadi masalah serius buat kita, yang terpenting kita sudah berusaha semampu kita.

Ratu semut rangrang bukan menjadi kendala bagi kita. Apakah dengan tidak adanya ratu terus anda menjadi patah semangat. Jangan kuatir masalah itu bisa diatasi gak harus dipersulit, buat aja simple, setel kendo wae.

Cara mendapatkan ratu semut rangrang sebelumnya sudah ada pada tulisan sebelumnya. Ada beberapa yang dulu flodesta pernah bahas, pertama bisa minta ke penjual kroto. Dulu cara ini memang masih berlaku tapi sekarang sudah banyak tahu, jadi kesimpulanya yaitu expired alias orak berlaku lagi. Karena sekarang ratu sudah diambil sendiri oleh pemburu kroto sebelum disetorkan ke tempat penjual kroto. Nasib nasib..... tapi ojo sedih yo ratu sekarang bisa didapat dengan mudah.

Pemburu atau pencari kroto di alam juga membudiyakan di rumah. Percaya gak percaya harus percaya. Karena mereka tahu bahwa sekarang pencarian kroto semakin banyak, orang pada tahu semua. Saya kira kedepan mungkin semakin lama semakin sulit kita jumpai semut rangrang (sebagian daerah). Untuk itu keseimbangan perlu dijaga, alam juga wajib butuh semut.

Lanjut lagi sob...sampai selesai. Beberapa bulan ini adalah musim ratu  semut rangrang dan telur ratu yang sampai sekarang masih terjadi. Anda bisa lihat sendiri, pencarian sarang semut di alam sering kita dapatkan larva, pupa dan calon ratu semut rangrang banyak sekali. Berarti menandakan akan terjadi perkembangan ratu lebih banyak lagi. Kalau semua itu kita biarkan tentu akan memancing banyak lagi sarang di alam. Tetapi sayangnya kalau kita biarkan sarang tersebut akan lenyap.

Mungkin dari sebagian sobat yang hobby burung kicau pasti burungnya wajib makan kroto. Tentu sudah tidak heran lagi musim calon ratu, karena yang mereka beli krotonya besar-besar utawi super. Tapi mau gimana lagi adanya cuma itu ya harus dibeli daripada burungya diam gak mau ngoceh (berkicau).

Lanjut euy...Musim calon ratu berdasarkan pengalaman flodesta selama ini terjadi  setahun satu kali pada pertengahan tahun. Prosesnya memang lama sampai berbulan bulan, sampai saat sekarang juga masih ada.

Sekarang sarang semut rangrang sobat yang diambil dari alam yang krotonya gede-gede bisa diternak untuk dijadikan ratu. Selamat mencoba kawan semoga sukses menjadikan ratu semut rangrang sendiri dan gak perlu repot mencari dan berburu. Kesel, loro kabeh awake. Jangan lupa kawan cendole.....Matur nuwun. Semoga bermanfaat.
AWAS !!!  JANGAN TERTIPU JIKA MEMBELI... GAMBAR DI ATAS ADALAH GAMBAR CALON RATU BELUM JADI RATU SEMUT RANGRANG

2 comments:

  1. mas tanya..
    "calon ratu" itu sudah bisa dijual belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Calon ratu saja yang di jual kasihan mas yang beli, ntar mati. Kalau bisa jual ratu beserta koloninya. suwun

      Delete