Hati-hati menambah ratu semut kedalam koloni

Hati-hati menambah ratu semut baru. Apakah anda pernah menambah ratu semut ke dalam koloni yang sudah lama? Pasti dari sekian banyak dari anda sudah pernah melakukan, untuk pemula tentunya hal ini belum mengalaminya. Selanjutnya apakah ratu semut kroto tersebut mati atau diterima baik oleh koloni semut yang lama. Berdasarkan pengalaman ternak kroto, hal tersebut sudah menjadi makanan yang harus dilakukan. Karena kalau hanya mendengar informasi saja, saya kira kurang mantab jika tidak dipraktekan.

Ratu Semut Kroto

Tahun lalu sempat mas bro membahas tentang mencampur ratu semut ke dalam koloni  yang sudah lama tetapi belum ada ratunya. Dan alhasil ternyata ratu disambut dengan baik, bahkan bisa hidup sampai setahun lebih.

Pada kesempatan kali ini uji coba kita lakukan pada koloni lama tetapi sudah ada ratunya. Setelah kita coba menambah ratu tersebut ternyata malah dihajar habis habisan. Pengalaman ini tidak hanya masbro alami sendiri tapi juga dialami oleh sahabat flodesta lainnya. Ratu semut kroto yang mati bisa berasal dari yang baru atau juga ratu yang lama.

Perlu diingat ketika kita mencampur ratu semut tersebut jangan langsung ditinggal tetapi harus kita amati terus sampai benar-benar tahu kondisinya. Jangan pernah mengaggap kalau ratu semut rangrang tersebut dibawa masuk nantinya akan hidup, belum tentu. Kalau sampai ditarik tarik kakinya atau bagian tubuhnya berarti ratu tersebut akan mati.  Silahkan diamati, jangan sampai terlena.

Salah satu contoh gambar di atas ratu semut kroto yang akhirnya mati karena sebagian kakinya telah ditarik-tarik oleh koloni semut yang lama.

Pengalaman ini bisa juga berbeda dengan pengalaman anda. Itulah yang bisa flodesta persembahkan untuk sahabat semua, semoga ilmu yang saya punya bisa bermanfaat. Ojo lali karo cendole... Matur nuwun.

11 comments:

  1. trus solusinya gimana gan,gua jg ngalamin ni di kash ratu master malah di bantai habis smua,padahal sebelume blum ada ratune sama skali lo,di tunggu solusinya gan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman selama ini kalau mencampur ratu yang belum ada ratunya belum pernah mati. Jadi gak bisa cerita dunk.

      Delete
  2. punya trik buat ngrawat calon ratu sampe jadi ratu kroto gak gan?klo punya triknya bagi2 donk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau trik gak punya sementara masih proses, tunggu kabar selanjutnya. Terimakasih

      Delete
  3. salam kenal gan, sedikit tanya gan, gmana kalau semut rangrang kita tanpa ratu, apa bisa memproduksi kroto? trims atas jawabannya

    ReplyDelete
  4. eh dihajar juga 5 ekor calon ratu bersayap.. ;(( asemm... ane dulu ambil rang2 dipohon belakang rumah & bisa bertahan lebih dr 1 bln dengan produktifitas minim krn gak ada ratunya. :) . kebetulan kemaren pas nengok kebon bokap, ada mas2 yg sedang cari rang2 dan banyak calon ratunya.. ane ahirnya minta 5 ekor trus pulangnya tak masukin ke tempat rang2 ane.. yah gagal deh.. tau gitu ane minta telur bakal ratunya sekalian.. kali aza berhasil....asem...aseeemmm.... ;-(

    ReplyDelete
  5. senangnya ketemu mas bro.....yg mau berbagi...salam sukses

    ReplyDelete
  6. Idealnya satu koloni berapa ratunya?

    ReplyDelete
  7. alternatif yang tepat adalah, ratu baru dikarantina dahulu selama 3 hari

    ReplyDelete