Semut rangrang jantan

Saat ini flodesta sudah bisa menghasilkan semut rangrang jantan di dalam toples. Beberapa minggu yang lalu sempat menghasilkan larva atau telur ratu yang masih dalam tahap pembentukan manjadi calon ratu. Tapi yo kuwi ora  luput soko sabar lan telaten.

Pada gambar di bawah ini adalah sarang kroto toples yang banyak sekali dihuni oleh semut rangrang jantan. Selain itu juga banyak krotonya. Hasil kroto lebih besar sedikit dibanding kroto yang lain. manteb lah pokokmen. Durung sempat njepret rojone wes kewengen.

Ternak Semut Rangrang Jantan

Semut rangrang jantan merupakan salah satu pelengkap dalam budidaya kroto. Tanpa adanya pejantan, saya kira belum lengkap. Itupun kalau teman semua sudah berhasil membudidayakan ratu sendiri. Dan harus membutuhkan sang raja untuk membuahi sang ratu sehingga akan menghasilkan telur. Hasil dari semut rangrang jantan yang flodesta punya hampir bersamaan dengan munculnya telur ratu.

Ketika proses berjalan secara bersama sama, maka mas bro berinisiatif untuk menggabungkan kedua toples tersebut. Alhasil pencampuran dua koloni  semut yang berbeda  tidak menyebabkan pertarungan. Bahkan mereka sudah menyatu satu sama lain, hidup rukun dan damai.

Dalam satu toples bisa menghasilkan ratusan semut rangrang jantan. Mungkin harus merelakan untuk tidak membuahi  calon ratu semut ragrang yang jumlahnya tidak sebanding. Setelah proses penyatuan dari toples yang ada pupa ratu, Mas bro akan memisahkan mereka lagi. Karena sudah di isi pejantan (injek). Supaya semut bisa fokus membesarkan calon ratu semut rangrang lan ora digotong rono rene. Ben mas bro bisa memantau perkembanganya.

Sory bro bahasane rodo gado-gado, mugo-mugo do mudeng. Ojo lali yen ternak diopeni seng nggenah. Semoga bisa bermanfaat pengalaman saya ini. Jangan lupa share and cendole. Matur nuwun.

Baca jugaGambar semut rangrang jantan

2 comments:

  1. mantep gan aku yo pengen wek ku ono rojone. soale onone ratu tox

    ReplyDelete