Jangka waktu panen kroto

Berapa lama jangka waktu untuk panen kroto? Apakah setiap hari, minggu atau bulan? Pertanyaan itu sering sekali di tanyakan kepada flodesta. Maka pada kesempatan kali ini saya coba jelaskan,.

Pertama kali ternak kroto saya hanya mempunyai satu toples sarang semut rangrang dapat dari alam. Tentunya tidak bisa langsung dipanen, karena sebagian kroto saya ambil sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Di mana untuk membuktikan apakah semut rangrang yang kita budidaya mau produksi dan menghasilkan kroto. Ada ratunya loh.. Kemudian dibiarkan selama kurang lebih satu bulan, baru bisa menghasilkan kroto siap panen.

Jangka Waktu Panen Kroto

Setelah tahu menghasilkan telur semut, akhirnya mencoba menambah lagi toples pakai ratu semut rangrang disetiap sarang. Alhasil jangka waktu panen kroto jadi lebih cepat. Berhubung sarang semut sudah berkurang dan jarang dijumpai di tempat saya. Sementara eksperimen dihentikan, menunggu dapat pasokan dari alam.

Sedangkan hasil kroto hanya dikonsumsi untuk kebutuhan sendiri. Sekedar informasi sekarang pasokan kroto khususnya kota semarang di dominasi dari luar kota. Kadang kadang sih...Soale sing nyetori kancane dewek.

Jika sobat hanya mempunyai satu toples, waktu panen kroto akan lebih lama. Berbeda jika mempunyai banyak sarang semut, kita bisa kumpulkan kroto dari setiap toples. Misalkan saja 50-100 toples semut rangrang bisa berpeluang untuk menghasilkan kroto lebih banyak dan waktu panen kroto lebih cepat.

Sekarang sudah tahu kapan waktunya panen kroto, saatnya juga tahu bagaimana cara panen kroto media toples

Ternak kroto jangan tanggung, perbanyak sarang dan ratu semut rangrang supaya dapat hasil yang memuaskan. Kita bisa atur jadwal sendiri apakah setiap hari, minggu atau bulan. Sak karepmu, pilih dewe.

Semoga bisa menambah ilmu tentang ternak kroto. Jangan lupa di share ya.. ojo lali cendole.. Matur nuwun

26 comments:

  1. waturnuhun gan,tp tiap toples, da brp ratu

    ReplyDelete
  2. Setelah dipanen pasukan semut serta ratunya dikemanakan dibuang atau dimasukan kebali ke toples...thx u

    ReplyDelete
  3. @Brembionez
    betul sekali, dimasukkan kembali ke dalam toples. toplesnya di bersihkan dulu dari sisa sisa kotoran atau jaringnya.

    ReplyDelete
  4. mas bro.. kalo mulai ternak kroto dengan bibit beli, berapa lama proses panen awalnya..
    soalnya masih baru mulai, dan mau beli bibitnya...

    ReplyDelete
  5. @brasbuke
    sementara saya tidak jual bibit. coba bisa di tanyakan kepada penjual bibitnya.suwun

    ReplyDelete
  6. mas bro..alhamdullilah udah melangkah ternak
    kroto ni mas.. tapi cma dikit, ku awali dngan 10 toples sosis.. rencananya mau aku perbanyak dlu.. mas bro.. kalo 1toples sosis bisa menghasilkan berapa ons ya, dalam waktu 1bln..
    di tunggu postingan kroto berikutnya... salam kroto.. sukses selalu..

    ReplyDelete
  7. Mas bro mau nanya... Solusi semut tidak mau telur gimana ya.. Soalnya saya ada 30 tpls dulu mau bertelur semua, tapi udah 1bln ini tinggal 2topls yg ada tlrnya.. Dulu memang pernah stres gara2 obt nyamuk semprot.. Tlng pencerahanya..

    Salam kroto

    ReplyDelete
  8. @brasbuke
    masbro belum pernah pakai toples sosis.

    @Mgi Aelah
    usahakan pakai ratu,jangan di semprot lagi dah.suwun

    ReplyDelete
  9. dear mas bro,
    mau nanya, untuk ukuran toples yang efektif dan efisien (tempat dan waktu) untuk ternak semut rangrang dalam jumlah banyak itu yang berapa liter yah ? matur thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran toples kecil saja mas gak usah besar besar.

      Delete
  10. gan makanan yang bagus buat semut kroto apa yach??

    ReplyDelete
  11. Numpang tanya mas bro,kalau satu sarang semut untuk beberapa toples gimana,,,mohon petunjuknya bro

    ReplyDelete
  12. numpang nanya mas bro, kalau untuk 1 toples awal sabaiknya di kasi berapa ekor ratu, dan bagai mana cara memperbsnysk koloni semut dengan cepat, mohon petunjuknya mas bro, matur nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu toples kasih satu aja dulu. semua butuh proses mas, gak ada yang cepat. Perbanyak dulu secara bertahap koloninya.

      Delete
  13. mas bro, utk bisnis kroto peluangnya ke depan sbrapa besar sich...? mengutip inti tulisan mas bro utk bisnis kroto adalah "proses dan alami"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, selagi tidak ada larangan pelihara burung kicau (makan kroto) dan memancing. hehe...

      Delete
  14. Mohon petunjuk saya lagi memulai ternak para ratu kroto kok pindah jadi dari 120 toples yang ada ratunya cuma 30 persen saja .karena ratu keluar dan gabung ke toples yang ada ratunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu betul sekali. Ratu bisa kita atur kondisinya sementara tapi setelah berada dalam koloninya merekalah yang mengatur sistemnya. Jadi menurutku tidak ada masalah karena mereka membentuk atau berkumpul secara alami. Biarkan saja selagi nyaman buat ratu. suwun

      Delete
  15. Mau tanya mas bro dmn saya mendapatkan bibit semut rangrang dan berapa harga pertoplesnya?

    ReplyDelete
  16. 1 bulan sudah betelur kecil bayak.. 20 topel..esperimen sendiri

    ReplyDelete
  17. Numpang tanya,sy mau bawa semut rangrang dari sumatra ke bekasi gimana cara bawanya ya?maksudnya di taro di apa biar nggak pada mati.

    ReplyDelete
  18. Mas bro, saya masih baru punya satu toples, maw nambah dari alam selalu semuanya tarung padahal sudah di karantina satu Minggu, gimana solusinya

    ReplyDelete