Perlengkapan ternak semut rangrang

Kali ini flodesta akan melanjutkan share tentang perlengkapan ternak semut rangrang. Apa saja yang dibutuhkan untuk persiapan ternak kroto di rumah. Sebelum melangkah lebih jauh harus tahu apa saja yang perlu dipersiapkan karena perlengkapan ini sangat wajib dibutuhkan.

Berikut perlengkapan ternak semut rangrang :

1. Lahan / tempat

Untuk lahan tidak memerlukan tempat luas (pemula). Tidak terkena matahari langsung, tidak kena hujan, cukup udara. Bisa diteras depan rumah atau di dalam rumah.

2. Toples / botol plastik

Ukuran toples bisa menggunakan ukuran 1 liter/kg, 2,5 liter/kg,1 liter/kg sesuaikan dengan dana anda. Kalau bisa  tidak beli, manfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Misalnya toples roti, botol air mineral atau menggunakan bambu dan paralon.

3. Rak kayu susun / nampan

Pilih salah satu tempat untuk menempatkan toples kroto. Untuk rak terserah sobat mau dibuat berapa susun atau tingkat. Dan untuk nampan sesuaikan dengan ukuran toples. Nampan harus lebih lebar dari lingkaran atau diameter toples (nampan tidak cocok untuk skala besar dikarenakan makan tempat).

4. Ember plastik besar

Digunakan untuk tempat sarang pada waktu pemindahan pertama kali, bisa juga sebagai tempat panen kroto

5. Sarung tangan karet

Perlengkapan Ternak Semut
Berfungsi untuk menghindari gigitan semut rangrang. Contohnya bisa lihat di gambar

6. Tepung tapioka (pati) 

Agar semut rangrang tidak menempel, sarung tangan yang dipakai harus dilumuri tepung dan digunakan juga untuk melumuri dinding ember.

7. Solder, pisau carter, gunting

Digunakan untuk melubangi toples dan memotong dengan cepat. Persiapan diatas merupakan perlengkapan ternak kroto menggunakan toples. Jika sobat mempunyai rak kroto akan lebih bagus dengan kaki kakinya diberi tempat air atau oli bekas supaya semut rangrang tidak melarikan diri. Sehingga untuk alat seperti nampan tidak diperlukan lagi, walaupun masih menggunakan rak kayu, toples tetap dipakai untuk sarang semut.

8. Kuas

Kuas digunakan untuk mengambil semut rangrang yang jatuh kelantai dan pada saat panen kroto untuk memisahkan semut rangrang supaya tidak mati. Sediakan saja kuas dengan ukuran kecil dan besar. Lihat saja bagaimana cara memisahkan semut dan kroto dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat. Setelah membaca jangan lupa cendole bro...Matur nuwun.

No comments:

Post a Comment